Monday, July 4, 2016

Hi, Beauties!

Sebelum memulai semua ini, saya ingin memberitahukan bahwa ulasan ini tidak disponsori oleh Wardah.  Setiap produk yang dimuat dalam ulasan ini berdasarkan dari pengalaman dan pembelian pribadi.

Skin History

Semasa remaja, kulit saya tidak pernah mengalami masalah yang serius. Hanya jerawat yang kadang-kadang muncul di bagian dahi dan hidung, beres. Memasuki awal usia 20-an, perubahan mulai terasa. Bagian pipi yang awalnya menjadi bagian yang paling membanggakan mulai menunjukkan masalah yang awalnya saya kira tidak terlalu serius. Muncul jendulan kecil yang pada mulanya saya pikir adalah jerawat. Namun, setelah banyak mencari informasi melalui internet dan kunjungan ke dokter kulit, terungkaplah bahwa sebenarnya permasalahan kulit, yang makin lama makin serius dan kompleks,  yang saya alami adalah komedo akibat hormon, sebum, dsb. 

           Berbagai macam perawatan telah dilakukan, sebagian gagal namun pada akhirnya berhasil. Akan tetapi, keberhasilan ini memunculkan masalah lain. Setelah rutin menggunakan krim asam retinoat, komedo berhasil ditaklukkan tapi kulit saya berubah menjadi seakan kering, yang pada akhirnya diketahui bahwa kulit saya mengalami semacam dehidrasi. Kondisi kulit saya berubah drastis: berminyak, dehidrasi, kasar, berpori besar, dan berbagai masalah lain yang ditimbulkan dari kondisi tersebut. Percobaan berbagai macam produk telah dilakukan dan beberapa malah memperburuk kondisi kulit. 

           Hingga pada akhirnya saya mencoba produk-produk dari Wardah yang cukup friendly dengan kondisi kulit saya. "Kenapa Wardah semua?", alasannya ya karena cocok. Selain itu, alasan saya memilih Wardah karena produk-produknya tidak memperburuk kondisi kulit. Selama beberapa bulan, uji coba varian produk yang saya rasa akan memperbaiki dan merawat kondisi kulit wajah saya telah dilakukan. Hingga akhirnya, selama kurang lebih selama dua bulan terakhir ini saya menggunakan kombinasi varian yang saya rasa telah mengembalikan vitalitas kulit.


Skincare



Kombinasi rangkaian produk Wardah di atas telah saya gunakan selama kurang lebih dua bulan terakhir. Penggunaan rutin telah menunjukkan hasil yang positif dan memuaskan. Berikut ulasannya:


Cleansing & Toning

Wardah White Secret Facial Wash with AHA



Langkah pertama dari perawatan kulit yang baik tentu adalah dengan membersihkan wajah. Pembersih dalam format semacam gel transparan ini diklaim Wardah sebagai non-soap formula, yang merupakan satu nilai plus. Kandungan AHA dan BHA bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dengan lembut.

            Penting bagi saya untuk menggunakan pembersih yang dapat mengangkat sel kulit mati karena salah satu permasalahan kulit wajah saya adalah pori-pori tersumbat. Selain itu, jika kita rutin membersihkan lapisan kulit mati akan merangsang regenerasi sel kulit baru sehingga kulit akan tampak selalu dalam keadaan terbaik, berseri dan halus.

          Ketika saya coba gosokan sebelum mencuci muka, busa yang dihasilkan lebih sedikit jika dibanding dengan produk pembersih wajah lainnya. Biasanya saya menggunakan spons konjac agar pembersihan wajah lebih maksimal hingga ke dalam pori-pori. Setelah dibilas, kulit terasa licin dan tidak ada rasa kesat yang mengganggu. Selama saya menggunakan produk ini, saya tidak merasakan adanya sensasi menyengat, yang mungkin saja dirasakan karena adanya zat exfoliant terkandung.

         Walau produk ini mengandung zat tersebut, namun tetap terasa lembut di kulit yang menandakan proses eksfoliasi kulit dilakukan secara aman*. Selain itu jika dilihat dari komposisi produk, terdapat berbagai macam ekstrak tumbuh-tumbuhan dan buah-buahan yang baik untuk kulit walaupun mungkin dalam konsentrasi rendah. Untuk yang memiliki kulit wajah sensitif mungkin harus sedikit berhati-hati dikarenakan terdapat wewangian yang cukup kentara. Secara keseluruhan, pembersih wajah dari Wardah ini sangat memuaskan dan memberikan hasil yang cukup baik. (Harga kisaran IDR 30.000)                                

*lihat peringatan produk mengenai produk terkandung



Wardah Pore Tightening Toner



Proses pembersihan wajah selesai, penting juga untuk melakukan proses toning. Sesuai dengan jenis dan permasalahan kulit yang saya miliki, toner ini membantu proses pembersihan lebih lanjut dan menjaga keseimbangan kulit. Dengan kandungan witch hazel extract yang dipercaya dapat mengatur kadar minyak kulit dan meringkas pori, serta aloe vera extract yang menjaga kelembapan kulit, kombinasi zat-zat tersebut sangat membantu dalam menjaga kondisi kulit saya. Selain itu, kandungan asam glikolat (AHA) dapat memaksimalkan pengangkatan sel kulit mati. Komposisi yang sangat cocok jika kamu memiliki kulit cenderung berminyak dan memiliki masalah komedo.

          Saya menggunakan produk ini sehabis mencuci muka, pagi dan malam, hanya pada bagian T-zone wajah karena bagian tersebut merupakan yang paling berminyak. Tidak ada sensasi menyengat pada kulit wajah yang menandakan kandungan zat produk ini cukup lembut. Walaupun dinamakan "pore tightening", saya tidak begitu mengharapkan pori-pori kulit saya akan mengecil secara nyata karena menurut beberapa studi hal tersebut tidak memungkinkan. Akan tetapi, hal yang saya rasakan adalah produk ini mampu menyempurnakan proses pembersihan, mencegah penyumbatan pori dan merawatnya agar tidak semakin membesar. For your information, ini adalah botol ke-6 sejak saya menggunakannya pertama kali. It's that good with such an amazing price! (Harga kisaran IDR 30.000)


Demikianlah ulasan saya mengenai produk-produk dari Wardah yang saya gunakan untuk proses cleansing & toning. Langkah selanjutnya akan saya ulas pada bagian kedua. I'll see you there! :)







1 comment :